Apakah itu platform Merdeka Mengajar?

Apakah itu platform Merdeka Mengajar? Berikut akan Kepala Sekolah jelaskan terkait platform yang sedang kita fokuskan beberapa bulan ini. Platform ini menjadi bagian aktfitas penting di semester ini bafi guru dan Kepala Sekolah. Tapi apa si sebetulnya Platform Merdeka Mengajar ? yuk simak penjelasanya dibawah ini.



Apakah itu platform Merdeka Mengajar?

Platform Merdeka Mengajar adalah Salah satu platform teknologi yang disediakan untuk mendukung para guru agar dapat mengajar menggunakan Kurikulum Merdeka dengan lebih baik, meningkatkan kompetensinya, dan berkembang secara karier.

Apakah platform Merdeka Mengajar wajib digunakan oleh setiap guru?

Penggunaan platform Merdeka Mengajar tidak diwajibkan. Namun, platform Merdeka Mengajar disediakan sebagai pendukung Implementasi Kurikulum Merdeka, serta proses belajar bersama di kelas sehingga pembelajaran dapat menjadi lebih kreatif, bermakna, dan berpusat pada murid.

Anda dapat menggunakan platform Merdeka Mengajar sebagai sumber mengajar, selama diselaraskan dengan kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran. Platform Merdeka Mengajar juga sebagai penunjang bagi Anda yang menerapkan Kurikulum Merdeka.

Apakah Platform Merdeka Mengajar berbayar?

Tidak. Platform Merdeka Mengajar disediakan secara gratis. Namun, kuota jaringan internet untuk mengakses platform ditanggung oleh masing-masing pengguna.

Apakah platform Merdeka Mengajar tersedia di iOS?

Saat ini platform Merdeka Mengajar tersedia di perangkat Android minimal versi 5 (Lollipop). Namun jangan khawatir, pengguna iOS dapat mengakses platform Merdeka Mengajar di ponsel pintar maupun laptop Anda melalui web browser di https://guru.kemdikbud.go.id/.

Apakah akan ada pendampingan untuk menggunakan platform teknologi?

Sedapat mungkin platform teknologi dirancang untuk dapat diakses dan digunakan dengan mudah oleh pihak sekolah.

Kemendikbudristek akan menyelenggarakan pelatihan literasi teknologi maupun pendamping teknologi yang berperan untuk membantu sekolah dalam mengadaptasi dan memanfaatkan platform teknologi, termasuk dalam aspek dasar pengoperasian perangkat TIK.

Kemendikbud juga menyediakan situs yang memuat panduan penggunaan platform yang dapat diakses kapan saja.

Bagaimana cara mengunduh/menginstal platform Merdeka Mengajar?

Melalui Google Play Store:

  • Buka Google Play Store pada ponsel Android Anda
  • Ketik "Merdeka Mengajar" di kolom pencarian
  • Klik Instal.

Melalui tautan:

  • Klik tautan https://bit.ly/platformmerdekamengajar di ponsel Android Anda
  • Klik Instal

Bagaimana cara mengetahui jika platform Merdeka Mengajar melakukan pembaruan versi (update)?

Perlu diketahui, platform Merdeka Mengajar adalah platform yang terus tumbuh dan berkembang untuk memberikan berbagai kemudahan bagi guru dalam mengajar, belajar, berkarya, dan menerapkan Kurikulum Merdeka sehingga platform Merdeka Mengajar akan terus melakukan pembaruan versi apabila terdapat penambahan fitur-fitur baru.

Untuk melakukan pembaruan versi platform Merdeka Mengajar, klik tautan https://bit.ly/platformmerdekamengajar lalu klik Update. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti cara berikut:

  • Buka Google Play Store 
  • Ketik “Merdeka Mengajar” di kolom pencarian, lalu klik Update.

Jika keterangan yang muncul bukan “Update”, melainkan “Uninstall”, artinya platform Merdeka Mengajar yang terpasang di gawai Anda sudah menggunakan versi terbaru dan tidak perlu melakukan pembaruan versi.

Mengapa saya tidak bisa mengakses (blank) fitur pada platform Merdeka Mengajar?

Hal tersebut dapat terjadi karena koneksi internet yang tidak stabil atau platform yang belum diperbarui.

Untuk itu, silakan lakukan pengecekan berikut:

  • Pastikan koneksi internet stabil
  • Pastikan Anda memiliki aplikasi Merdeka Mengajar versi terbaru. 
  • Jika rendala masih Anda alami setelah melakukan pengecekan, lakukan langkah-langkah berikut:
  • Hapus cache pada ruang penyimpanan aplikasi
  • Hapus dan instal ulang aplikasi Merdeka Mengajar

Kesimpulan :

Platform Merdeka Mengajar adalah Salah satu platform teknologi yang disediakan untuk mendukung para guru agar dapat mengajar menggunakan Kurikulum Merdeka dengan lebih baik, meningkatkan kompetensinya, dan berkembang secara karier. Platform ini tersedia di play store dan App Store atau ios. Nah platform merdeka mengajar kini menjadi platform pendukung yang berisi berbagai ispirasi yang bisa dimanfaatkan oleh guru dalam memahami Kurikulum Merdeka tentunya dapat digunakan oleh guru dan kepala sekolah untuk meningkatkan pengalaman, pengetahuan dan karier