Penilaian Kinerja Guru oleh Kepala Sekolah, Berikut Tahapanya !

Daftar Isi

Kepala Sekolah - Bagi kepala sekolah dan guru yang ingin mengetahui urutan atau tahapan penilaian kinerja guru di PMM berikut akan kami ulas tahapan atau urutan lengkapnya, informasi ini kami dapatkan dari Pusat Informasi Guru Kemdikbud.


Penilaian Kinerja Guru oleh Kepala Sekolah, Berikut Tahapanya !


Setelah sebelumnya guru dan kepala sekolah disibukan dalam proses perencanaan kinerja melalui PMM pada Januari kemarin, maka akan berlanjut ke tahapan berikutnya, tahap berikutnya yang akan dilaksanakan yaitu Penilaian Kinerja Guru oleh Kepala Sekolah.


Bagaimana prosesnya, dan apa saja tahapan - tahapanya simak penjelasan dibawah ini !


Dikutip dari pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id dijelaskan bahwa Pelaksanaan Kinerja mencapai tahap akhir dengan Penilaian Kinerja yang dilakukan oleh Kepala Sekolah. Dalam proses ini, Kepala sekolah melakukan observasi terhadap kinerja Guru melalui Pelaksanaan Kinerja, yang kemudian menjadi dasar bagi penilaian yang diberikan. 


Kepala Sekolah dapat memulai Penilaian Kinerja dengan mengikuti alur Penilaian Observasi Kelas, dimulai dari bagian pertama yaitu Pelaksanaan Observasi dan bagian kedua, yaitu Tindak Lanjut Observasi. 


Tahap Pelaksanaan Observasi 


A. Nilai Observasi


Nilai Observasi merupakan penilaian yang diberikan oleh Kepala Sekolah berdasarkan hasil Observasi Kelas. Dalam kegiatan ini, Kepala Sekolah dapat memberikan saran dan rekomendasi kepada Guru untuk meningkatkan metode pembelajaran. 


Evaluasi ini sangat penting bagi Guru karena membantu mereka mengidentifikasi langkah-langkah konkret dalam meningkatkan kinerja pembelajaran. Kepala Sekolah dapat memberikan penilaian hasil observasi kelas sesuai jadwal yang dianjurkan. 


Setelah Pelaksanaan Kinerja yang dilakukan oleh Guru, Kepala Sekolah dapat memulai untuk Penilaian Kinerja. Berikut panduan pengisian pelaksanaan kinerja pada platform Merdeka Mengajar. 


1. Klik ‘Pengelolaan Kinerja’ pada menu Beranda di platform Merdeka Mengajar (PMM). Silakan akses melalui desktop atau laptop untuk mendapatkan pengalaman terbaik. 


Pengelolaan Kinerja

2. Bagi Anda yang mengakses Pengelolaan Kinerja melalui aplikasi PMM pada perangkat Android, Anda akan menerima notifikasi berupa rekomendasi untuk mengakses Pengelolaan Kinerja melalui komputer atau laptop. Klik 'Tetap di sini' jika Anda masih ingin mengakses Pengelolaan Kinerja melalui aplikasi.



3. Klik ‘Lakukan Penilaian’ untuk masuk ke halaman Penilaian Kinerja. 


4. Klik ‘Cek Daftar Guru’ untuk Anda dapat memilih daftar Guru yang ingin diberikan Penilaian Kinerjanya.




5. Klik 'Nilai' untuk menilai Observasi Kelas dan Kelengkapan dari dokumen Guru. Anda bisa gunakan Fitur Filter untuk menyortir daftar Guru berdasarkan Pelaksanaan Kinerja yang dilakukannya. 


6. Pada Halaman Rincian Penilaian Kinerja, Anda dapat melakukan beberapa hal : 


  • klik “Nilai’ untuk masuk ke halaman Penilaian Observasi. 
  • Klik ‘Periksa’ untuk melihat kelengkapan dokumen Pengembangan Kompetensi dan Tugas Tambahan yang di unggah oleh Guru
  • Klik ‘Cek’ untuk memantau perkembangan Pelaksanaan Perilaku kerja yang ingin difokuskan oleh Guru.


7. Sebelum melakukan penilaian, Anda dapat mengklik 'Cek Rubrik Observasi' untuk melihat detail informasi dari sub indikator Praktik Kinerja / Praktik Pembelajaran yang dipilih oleh Guru


8. Selanjutnya, Anda dapat memulai untuk melakukan Penilaian Kinerja dari Pelaksanaan Kinerja yang dilakukan oleh Guru.


Tahapan Penilaian Observasi


Pada kegiatan Penilaian Observasi, Anda diminta memberikan penilaian berdasarkan hasil Observasi Kelas sesuai jadwal. Mulai penilaian dengan mengklik 'Cek Rincian'.





Pada Halaman Dokumen Penilaian Observasi, terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan dan diperhatikan : 

  1. Klik ‘Apa tujuan Rubrik ini?’ untuk mengetahui masuk dan tujuan dari rubrik yang ingin Anda isi
  2. Anda bisa melihat informasi tentang Panduan Penilaian sebelum memberikan Penilaian 
  3. Anda dapat melihat indikator dan fokus observasi yang dipilih oleh Guru, serta upaya yang ingin dilakukan oleh Guru untuk mendukung indikator yang telah dipilih.
  4. Anda dapat mengecek dokumen RPP/Bahan Ajar yang diunggah oleh Guru sebagai bahan peninjauan terhadap upaya yang dilakukan oleh Guru.
  5. Anda dapat memberikan penilaian dan catatan berdasarkan hasil observasi dengan mengacu pada indikator yang dipilih oleh Guru
  6. Anda dapat memberikan Rekomendasi tindak lanjut yang harus dilakukan oleh Guru untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya.




Klik ‘Kumpulkan’ jika Anda sudah memberikan penilaian dan rekomendasi kepada Pelaksanaan Kinerja Guru atau  Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang memberikan Penilaian Refleksi Tindak Lanjut dan akan kembali melakukan pengisian di lain waktu.







Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk dokumen tindak lanjut dapat dikumpulkan. Jika dokumen sudah sesuai, klik ‘Kumpulkan’, namun jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang, klik ‘Cek Ulang’. Perlu diketahui bahwa dokumen yang telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali 


Anda telah berhasil menyelesaikan Penilaian Kinerja untuk Dokumen Nilai Observasi Kelas. 


B. Nilai Dokumen Tindak lanjut


Nilai Dokumen Tindak Lanjut merupakan penilaian yang diberikan oleh Kepala Sekolah berdasarkan upaya tindak lanjut yang dilakukan oleh Guru setelah menerima saran dan rekomendasi melalui Observasi Kelas.


Dalam kegiatan ini, Kepala Sekolah dapat berdiskusi dengan Guru untuk mengetahui rencana upaya tindak lanjut yang ingin dilakukan oleh Guru . 


Tahapan Penilaian Dokumen Tindak Lanjut


Pada kegiatan Penilaian Dokumen Tindak Lanjut, Anda diminta memberikan penilaian berdasarkan upaya Tindak Lanjut yang dilakukan oleh Guru setelah menerima saran dan rekomendasi melalui Observasi Kelas. Mulai penilaian dengan mengklik 'Nilai'. 


Tahapan Penilaian Dokumen Tindak Lanjut


Pada Halaman Dokumen Tindak Lanjut, terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan dan diperhatikan : 


  • Anda dapat melakukan pengecekan upaya yang sudah dilakukan Guru Melalui dokumen tindak lanjut yang sudah diisi
  • Perlu diketahui, jika Guru Tidak mengisi bagian ‘Pilihan Belajar Lainnya’, maka upaya tindak lanjut tersebut tidak akan ditampilkan pada halaman
  • Selanjutnya, Anda dapat memilih salah satu penilaian dari hasil yang telah dilakukan oleh Guru ketika melakukan Refleksi, Anda dapat berikan penjelasan terhadap penilaian tersebut. 
  • Anda juga dapat berdiskusi dengan Guruseputar upaya tindak lanjut yang dilakukan oleh Guru
  • Klik ‘Kumpulkan’ Jika Anda sudah memberikan penilaian untuk tindak lanjut yang sudah dilakukan Guru. 







Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk dokumen tindak lanjut dapat dikumpulkan. Jika dokumen sudah sesuai, klik ‘Kumpulkan’, namun jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang, klik ‘Cek Ulang’. Perlu diketahui bahwa dokumen yang telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali 






Anda telah berhasil menyelesaikan Penilaian Kinerja untuk Dokumen Tindak Lanjut




Selanjutnya, Anda dapat pantau perkembangan tindak lanjut yang dilakukan oleh Guru. 



Tindak Lanjut Observasi 


C. Pantau Proses Tindak Lanjut Guru


Pada Kegiatan ini, Kepala Sekolah dapat memantau upaya yang dilakukan oleh Guru berdasarkan pilihan tindak lanjut yang telah dipilih, termasuk progres melalui Pilihan Belajar di Platform Merdeka Mengajar atau tindakan lanjut lainnya. Selama proses ini, Kepala Sekolah juga dianjurkan untuk berdiskusi dengan Guru guna memberikan masukan dan dukungan dalam rangka meningkatkan efektivitas tindakan yang diambil oleh Guru . 


d. Nilai Dokumen Refleksi Tindak lanjut


Nilai Dokumen Tindak Lanjut merupakan penilaian yang diberikan oleh Kepala Sekolah terhadap refleksi yang dilakukan oleh Guru . Evaluasi ini didasarkan pada langkah-langkah tindak lanjut yang diambil oleh Guru setelah menerima saran dan rekomendasi dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. 


Dalam kegiatan ini, Kepala Sekolah dapat berdiskusi dengan Guru untuk membuka ruang bagi perencanaan lanjutan. Kepala Sekolah dapat membantu merinci rencana pengembangan selanjutnya yang ingin diambil oleh Guru guna meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. 


Tahapan Penilaian Refleksi Tindak Lanjut


Untuk tahapan penilaian refleksi tindak lanjut ada beberapa langkah yang harus anda lakukan, berikut tahapan - tahapanya :


Pada kegiatan Penilaian Refleksi Tindak Lanjut, Anda diminta memberikan penilaian berdasarkan upaya Refleksi Tindak Lanjut yang dilakukan oleh Pendidik setelah menerima saran dan rekomendasi melalui Upaya Tindak Lanjut yang dilakukan. Mulai penilaian dengan mengklik 'Nilai'.




Pada Halaman Dokumen Refleksi Tindak Lanjut, terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan dan diperhatikan : 

  1. Anda diminta untuk menilai upaya yang dilakukan oleh Pendidik setelah melakukan Refleksi, berdasarkan pilihan refleksi melalui Belajar pada PMM atau melalui media lainnya.
  2. Selanjutnya, penilaian ini mencakup 3 tahapan: Tantangan, Upaya Mempelajari, dan Peningkatan Kinerja
  3. Perlu diketahui, jika Pendidik tidak mengisi bagian ‘Pilihan Belajar Lainnya’, maka refleksi tindak lanjut tersebut tidak akan ditampilkan pada halaman
  4. Selanjutnya, Anda dapat memilih salah satu penilaian dari hasil yang telah dilakukan oleh Pendidik ketika melakukan Refleksi, Anda dapat berikan penjelasan terhadap penilaian tersebut. 
  5. Anda juga dapat berdiskusi dengan Pendidik seputar upaya tindak lanjut yang dilakukan oleh pendidik
  6. Klik ‘Kumpulkan’ Jika Anda sudah memberikan penilaian untuk tindak lanjut yang sudah dilakukan Pendidik. 



Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang memberikan Penilaian Refleksi Tindak Lanjut dan akan kembali melakukan pengisian di lain waktu.


Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk dokumen tindak lanjut dapat dikumpulkan. Jika dokumen sudah sesuai, klik ‘Kumpulkan’, namun jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang, klik ‘Cek Ulang’. Perlu diketahui bahwa dokumen yang telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali 



Anda telah berhasil menyelesaikan Penilaian Kinerja untuk Dokumen Tindak Lanjut





Pertanyaan Umum Tentang Penilaian Kinerja Guru Oleh Kepala Sekolah


Berikut adalah beberapa pertanyaan - pertanyaan terkait Penilaian Kinerja guru oleh kepala sekolah

Apa yang dimaksud dengan penilaian kinerja guru?



Penilaian kinerja guru merupakan suatu aktivitas memberikan nilai pada setiap butir kegiatan guru dalam rangka penilaian kinerjanya dan perbaikan kinerja selanjutnya.

Penilaian kinerja guru dilakukan oleh siapa?


Penilaian kinerja guru pada tahap akhir akan dilakukan oleh kepala sekolah


Apa saja yang dinilai dalam penilaian kinerja kepala sekolah?


  • Menyusun perencanaan sekolah/madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan.
  • Memimpin sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah/ madrasah secara optimal.
  • Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif.

Kesimpulan Pembahasan Penilaian Kinerja Guru Oleh Kepala Sekolah



Dari tutorial diatas dapat kita simpulkan ada 3 Tahapan penilaian dari Penilaian Kinerja Guru oleh Kepala sekolah yang perlu dipahami, diantaranya adalah tahap Penilaian Observasi, Penilaian Dokumen Tindak Lanjut dan tahap Penilaian Refleksi Tindak Lanjut. Kesemua tahapan sudah kami share diatas.


Sumber : 

https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/