Rubrik Observasi kelas Perilaku Yang di Anjurkan
Rubrik Observasi kelas Perilaku Yang di Anjurkan - yuk simak apa saja perilaku yang dianjurkan dan tidak dianjurkan dalam rubrik observasi kelas untuk keperluan pmm.
Indikator Penerapan Disiplin Positif
Pada Indikator Penerapan Disiplin Positif Upaya menerapkan prinsip disiplin positif untuk mengelola perilaku dan kebiasaan kelas yang disepakati bersama.
Observasi dinilai berhasil jika:
Tingkat upaya penerapan prinsip disiplin positif untuk mengelola perilaku dan kebiasaan kelas yang disepakati bersama.
Adapun Fokus perilaku yang di observasi ada 3, apa saja ?
Fokus Perilaku Yang Di observasi di Indikator Disiplin Positif
1. Guru melakukan refleksi dinamika kelas untuk menerapkan kesepakatan kelas
Perilaku yang di anjurkan
• Guru mengajak peserta didik melakukan refleksi dinamika kelas mengacu kesepakatan kelas
• Guru menunjukkan kesediaan mendengarkan pandangan peserta didik tentang dinamika kelas
• Guru bersikap adaptif sehingga bersedia mengubah kesepakatan kelas bila diperlukan
Perilaku yang tidak di anjurkan
• Guru mengabaikan pendapat peserta didik tentang apa yang terjadi di kelas
• Guru bersikap defensif dalam menyikapi umpan balik dari peserta didik terkait kedisiplinan
• Guru menerapkan hukuman fisik terhadap peserta didik yang melakukan pelanggaran kedisiplinan
2. Guru melakukan penguatan positif terhadap perilaku yang sesuai atau mendukung kesepakatan kelas
Perilaku yang di anjurkan
• Guru memberi pujian terhadap perilaku peserta didik yang sesuai kesepakatan kelas
• Guru memberi penguatan positif dengan beragam cara
• Guru mengakui suatu perilaku positif secara spesifik dan menjelaskan alasannya
Perilaku yang tidak di anjurkan
• Guru tidak konsisten dalam memberikan penguatan positif, hanya pada peserta didik tertentu
• Guru mengabaikan perilaku positif karena terlalu fokus pada perilaku negatif atau hal lain
• Guru melakukan penguatan perilaku yang tidak bermanfaat bagi peserta didik dan kelas secara keseluruhan
3. Guru memfasilitasi peserta didik menyadari konsekuensi dan memperbaiki perilaku melanggarnya (restitusi)
Perilaku yang di anjurkan
• Guru membantu peserta didik menyadari konsekuensi dari perilaku melanggarnya
• Guru mendengarkan sudut pandang peserta didik terhadap perilaku melanggarnya
• Guru memberikan dukungan pada peserta didik dalam melakukan perbaikan perilakunya
Perilaku yang tidak di anjurkan
• Guru langsung memberikan hukuman, bukan membangun upaya perbaikan perilaku
• Guru kehilangan kesabaran dalam membantu peserta didik menyadari konsekuensi perilakunya
• Guru meminta peserta didik untuk tenang dengan mengabaikan perilaku melanggar yang terjadi
Keteraturan Suasana Kelas
Upaya membangun suasana kelas yang kondusif untuk proses belajar, dengan minimal gangguan yang mengalihkan perhatian peserta didik dari aktivitas belajar
Observasi dinilai berhasil jika:
Tingkat upaya membangun suasana kelas yang kondusif untuk proses belajar mengajar dengan minimal gangguan yang mengalihkan perhatian peserta didik dari aktivitas belajar
1. Guru melakukan komunikasi positif untuk membangun suasana kelas yang kondusif
2. Guru melakukan strategi pengelompokkan untuk mengaktifkan keterlibatan peserta didik
3. Guru membuat dan mengingatkan aturan/kesepakatan kelas
Aktivitas Interaktif
Upaya pembelajaran yang memfasilitasi kolaborasi dan komunikasi antar peserta didik untuk peningkatan efektivitas pembelajaran
Observasi dinilai berhasil jika:
Tingkat upaya pembelajaran yang memfasilitasi kolaborasi dan komunikasi antar peserta didik untuk peningkatan efektivitas pembelajaran
1. Guru memfasilitasi kegiatan pembelajaran yang memberi peran pada semua peserta didik
Perilaku yang di anjurkan
Perilaku yang tidak di anjurkan
2. Guru mengajukan pertanyaan yang menstimulasi proses diskusi dan berpikir kritis
Perilaku yang di anjurkan
Perilaku yang tidak di anjurkan
3. Guru memfasilitasi terjadinya diskusi kelompok yang interaktif, kritis dan inklusif
Perilaku yang di anjurkan
Perilaku yang tidak di anjurkan
Instruksi Pembelajaran
Upaya penjelasan terstruktur tentang konsep dan aktivitas pembelajaran disertai demonstrasi, ilustrasi, atau contoh yang relevan dan kontekstual untuk peningkatan efektivitas pembelajaran
Observasi dinilai berhasil jika:
Tingkat upaya penjelasan terstruktur tentang konsep dan aktivitas pembelajaran disertai demonstrasi, ilustrasi, atau contoh yang relevan dan kontekstual untuk peningkatan efektivitas pembelajaran
Instruksi yang Adaptif
Upaya penyesuaian praktik pembelajaran sebagai respon terhadap respon peserta didik terhadap kebutuhan belajarnya untuk peningkatan efektivitas pembelajaran
Observasi dinilai berhasil jika:
Tingkat upaya penyesuaian praktik pembelajaran sebagai respon terhadap respon peserta didik terhadap kebutuhan belajarnya untuk peningkatan efektivitas pembelajaran
1. Guru melakukan strategi pembelajaran yang responsif terhadap peserta didik
Perilaku yang di anjurkan
Guru memulai pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan untuk memahami pemahaman awal peserta didik
• Guru melakukan penyesuaian pembelajaran sesuai respon dari peserta didik
• Guru melakukan penyesuaian penjelasan agar lebih relevan dan dipahami peserta didik
Perilaku yang tidak di anjurkan
• Guru memulai pembelajaran langsung dengan penjelasan materi pelajaran
• Guru menyampaikan materi pelajaran tanpa disesuaikan dengan respon peserta didik
• Guru mengabaikan respon peserta didik dengan meminta mereka diam menyimak
2. Guru melakukan penyesuaian pembelajaran mengacu kondisi, kebutuhan dan karakteristik peserta didik
Perilaku yang di anjurkan
Guru menggunakan strategi pembelajaran berdasarkan hasil asesmen awal/diagnosis
• Guru melakukan diferensiasi pembelajaran dengan setidaknya dua metode yang berbeda
• Guru menyediakan dukungan belajar bagi peserta didik yang membutuhkan
Perilaku yang tidak di anjurkan
• Guru mengabaikan adanya perbedaan karakteristik, kebutuhan dan kondisi awal peserta
• Guru menggunakan hanya satu strategi pembelajaran yang dikuasainya
• Guru menerapkan strategi pembelajaran yang kaku, sebatas menerapkan perangkat ajar
3. Guru merefleksikan praktik pembelajaran yang melibatkan peserta didik
Perilaku yang di anjurkan
Guru mengkomunikasikan analisis terhadap hasil asesmen formatif
• Guru mengkomunikasikan hasil survei umpan balik terhadap praktik pembelajaran
• Guru memandu diskusi refleksi untuk menilai efektivitas praktik pembelajaran
Perilaku yang tidak di anjurkan
Guru menyangkal umpan balik yang disampaikan oleh peserta didik
Guru melakukan asesmen formatif tanpa mengkomunikasikan hasilnya
Guru membagikan tugas yang sudah dinilai tanpa ada catatan umpan balik
Umpan Balik Konstruktif
Upaya penyampaian informasi tentang kemajuan proses dan capaian pembelajaran kepada peserta didik untuk menumbuhkan motivasi belajar intrinsik
Observasi dinilai berhasil jika:
Tingkat upaya penyampaian informasi tentang kemajuan proses dan capaian pembelajaran kepada peserta didik untuk menumbuhkan motivasi belajar intrinsik
1. Guru memberikan umpan balik spesifik dan berorientasi tujuan
Perilaku yang di anjurkan
• Guru memberi umpan balik dengan menyebut spesifik bagian tugas yang dinilai bagus atau perlu perbaikan
• Guru menghubungkan umpan balik dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
• Guru menggunakan pertanyaan untuk membantu peserta didik memunculkan ide perbaikan
Perilaku yang tidak di anjurkan
• Guru memberi umpan balik dengan kata-kata yang terlalu umum
• Guru memberi umpan balik negatif tanpa membantu peserta didik menemukan ide perbaikan
• Guru memberikan umpan balik dengan menggunakan bahasa yang terlalu sulit
2. Guru memberikan umpan balik yang fokus pada proses atau usaha peserta didik
Perilaku yang di anjurkan
• Guru memberi umpan balik fokus pada usaha peserta didik untuk refleksi dan perbaikan
• Guru menjelaskan keterkaitan usaha dengan hasil yang mungkin dicapai
• Guru membantu peserta didik melakukan refleksi terhadap usaha yang telah dilakukannya
Perilaku yang tidak di anjurkan
• Guru menyampaikan umpan balik yang hanya fokus pada hasil akhir
• Guru tidak menyediakan kesempatan pada peserta didik melakukan perbaikan
• Guru menggunakan pandangan subyektif dalam memberi umpan balik
3. Guru menunjukkan kesediaan mendiskusikan umpan balik dengan peserta didik
Perilaku yang di anjurkan
• Guru membuka komunikasi untuk pertanyaan dan klarifikasi lebih lanjut
• Guru mendengarkan secara aktif tanggapan peserta didik terhadap umpan balik yang diterimanya
• Guru menyediakan waktu mendiskusikan umpan balik selama atau setelah kelas
Perilaku yang tidak di anjurkan
• Guru menolak berdiskusi dengan peserta didik tentang umpan balik yang diberikan
• Guru mengabaikan pertanyaan atau kekhawatiran peserta didik
• Guru terburu-buru menjelaskan umpan balik sehingga tidak sempat berdiskusi
Perhatian dan Kepedulian
Upaya pemberian perhatian dan dukungan sesuai dengan kebutuhan belajar setiap peserta didik untuk menumbuhkan motivasi belajar intrinsik
Observasi dinilai berhasil jika:
Tingkat upaya pemberian perhatian dan dukungan sesuai dengan kebutuhan belajar setiap peserta didik untuk menumbuhkan motivasi belajar intrinsik
1. Guru menunjukkan empati untuk mendapatkan pemahaman utuh tentang peserta didik
Perilaku yang di anjurkan
• Guru memberikan perhatian penuh ketika peserta didik berbicara
• Guru mengajukan pertanyaan lanjutan untuk mendapatkan pemahaman
• Guru menunjukkan pengertian terhadap sudut pandang peserta didik
Perilaku yang tidak di anjurkan
• Guru mengabaikan pendapat atau perasaan peserta didik
• Guru memberikan penilaian negatif terhadap pendapat peserta didik
• Guru tidak memberikan kesempatan pada peserta didik menyampaikan pendapat
2. Guru menunjukkan pemahaman terhadap kebutuhan, kondisi dan karakteristik peserta didik
Perilaku yang di anjurkan
• Guru melakukan pengamatan terhadap dinamika kelas untuk memahami peserta didik
• Guru melakukan interaksi positif yang menghargai keunikan peserta didik
• Guru meminta pendapat dan umpan balik dari peserta didik
Perilaku yang tidak di anjurkan
• Guru bertindak berdasarkan asumsi tanpa menggali fakta terkait peserta didik
• Guru bersikap kaku dalam pembelajaran yang mengabaikan kebutuhan peserta didik
• Guru menghindari masukan atau umpan balik dari peserta didik
3. Guru mengakui dan menghargai usaha yang ditunjukkan peserta didik
Perilaku yang di anjurkan
• Guru menunjukkan minat/keingintahuan terhadap aktivitas yang dilakukan murid
• Guru memberikan pujian terhadap usaha, bukan hasil akhir, yang ditunjukkan peserta didik
• Guru menyampaikan dukungan terhadap usaha peserta didik di depan kelas
Perilaku yang tidak di anjurkan
• Guru meremehkan usaha-usaha yang dilakukan peserta didik
• Guru memberikan pujian yang terlalu umum atau berlebihan/bombastis
• Guru bersikap terlalu kritis terhadap usaha yang dilakukan peserta didik
Ekspektasi pada Peserta Didik
Upaya mengkomunikasikan ekspektasi yang tinggi kepada semua dan setiap peserta didik untuk menumbuhkan motivasi belajar intrinsik
Observasi dinilai berhasil jika:
Tingkat upaya mengkomunikasikan ekspektasi yang tinggi kepada semua dan setiap peserta didik untuk menumbuhkan motivasi belajar intrinsik
1. Guru mengkomunikasikan harapannya yang tinggi terhadap masa depan seluruh peserta didiknya
Perilaku yang di anjurkan
• Guru mengenal nama setiap peserta didiknya beserta karakteristiknya
• Guru menyampaikan cita-cita masa depan yang bermakna bagi peserta didik
• Guru mendiskusikan harapan positif peserta didik tentang masa depannya
Perilaku yang tidak di anjurkan
• Guru menyebutkan perilaku-perilaku negatif peserta didiknya
• Guru menjelaskan harapan-harapan yang tidak relevan dengan peserta didik
• Guru mengabaikan potensi peserta didik karena lebih fokus pada kelemahannya
2. Guru mengkomunikasikan harapan positif terhadap semua peserta didik secara setara dan tanpa diskriminasi
Perilaku yang di anjurkan
- Guru menyampaikan harapan positifnya secara terbuka dan berlaku bagi semua peserta didik
- Guru memberikan dukungan tambahan pada peserta didik yang sudah berusaha meski belum berhasil
- Guru menyebutkan potensi peserta didik meski peserta didik sendiri tidak menyadarinya
Perilaku yang tidak di anjurkan
- Guru menyampaikan harapan positif hanya pada peserta didik tertentu saja
- Guru mengulang harapan-harapan positif tertentu yang hanya relevan dengan sebagian peserta didik
- Guru menyebutkan potensi peserta didik yang terlihat menonjol saja
3. Guru memberikan tantangan yang bermakna disertai motivasi untuk mencapainya
Perilaku yang di anjurkan
- Guru berdiskusi dengan peserta didik tentang tujuan hidup/cita-cita mereka
- Menyediakan tantangan belajar yang relevan dengan pembelajaran dan bermakna bagi peserta didik
- Menunjukkan keyakinan berulang kali bahwa peserta didiknya mampu mengatasi tantangan belajar
Perilaku yang tidak di anjurkan
• Memberikan tantangan belajar tapi tidak memberikan motivasi
• Menggunakan hadiah dan hukuman untuk memotivasi murid
• Mengkomunikasikan kompetisi dalam kelas secara berlebihan