Mengirim atau Menaruh Data Pada Internet Disebut

Daftar Isi

Saat berkeliling di dunia internet, kita sering kali menemui istilah download dan upload. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan kedua aktivitas tersebut?


Download: Ketika Anda melakukan download, Anda mengambil data atau berkas dari internet dan menyimpannya di komputer Anda. Contohnya, saat Anda mengunduh dokumen dari suatu situs web, seperti panduan atau tutorial.

Upload: Sebaliknya, upload adalah ketika Anda mengirim data atau berkas dari komputer Anda ke suatu tempat di internet. Misalnya, ketika Anda membagikan foto-foto liburan Anda ke media sosial seperti Facebook.

Proses Download:

Anda memulai dengan mengklik link pada berkas yang ingin Anda unduh.

Setelah itu, browser Anda akan menampilkan opsi untuk membuka berkas tersebut dengan aplikasi yang sesuai atau menyimpannya langsung ke komputer Anda.

Pilih opsi yang diinginkan, lalu proses download akan dimulai.

Setelah proses download selesai, berkas tersebut akan tersimpan di komputer Anda atau terbuka sesuai dengan aplikasi yang telah Anda pilih.

Proses Upload:

Jika sebuah situs web menyediakan fitur upload, biasanya akan ada menu atau tombol khusus untuk memulai proses upload.

Anda akan diminta untuk memilih berkas yang ingin Anda unggah dari komputer Anda.

Setelah memilih berkas, proses upload akan dimulai dan informasi tentang kemajuan prosesnya akan ditampilkan.

Beberapa situs web bahkan mendukung fitur "drag and drop", di mana Anda dapat langsung menggeser berkas dari folder di komputer Anda ke jendela browser untuk mengunggahnya.

Dengan memahami kedua proses ini, pengguna internet dapat dengan lebih lancar berinteraksi dengan berbagai konten yang tersedia online, mulai dari mengunduh dokumen penting hingga mengunggah foto-foto kenangan mereka ke platform media sosial favorit. Sebuah pengalaman internet yang lebih menyenangkan dan efisien bagi semua penggunanya.