4 Elemen kunci Dari Dimensi Berkebinekaan Global

Daftar Isi

Berikut 4 Elemen kunci  Dari Dimensi Berkebinekaan Global  - Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya,  dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga  menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya budaya baru  yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. Elemen kunci  dari berkebinekaan global meliputi mengenal dan menghargai budaya, kemampuan  komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan  tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.

a. Mengenal dan menghargai budaya

Pelajar Pancasila mengenali, mengidentifikasi, dan mendeskripsikan berbagai  macam kelompok berdasarkan perilaku, jenis kelamin, cara komunikasi, dan  budayanya, serta mendeskripsikan pembentukan identitas dirinya dan kelompok,  juga menganalisis bagaimana menjadi anggota kelompok sosial di tingkat lokal,  regional, nasional, dan global.

b. Komunikasi dan interaksi antar budaya

Pelajar Pancasila berkomunikasi dengan budaya yang berbeda dari dirinya secara  setara dengan memperhatikan, memahami, menerima keberadaan, dan menghargai  keunikan setiap budaya sebagai sebuah kekayaan perspektif sehingga terbangun  kesalingpahaman dan empati terhadap sesama.

c. Refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan

Pelajar Pancasila secara reflektif memanfaatkan kesadaran dan pengalaman  kebinekaannya agar terhindar dari prasangka dan stereotip terhadap budaya yang  berbeda, termasuk perundungan, intoleransi dan kekerasan, dengan mempelajari  keragaman budaya dan mendapatkan pengalaman dalam kebinekaan. Hal ini  membuatnya menyelaraskan perbedaan budaya agar tercipta kehidupan yang  setara dan harmonis antarsesama.

d. Berkeadilan Sosial

Pelajar Pancasila peduli dan aktif berpartisipasi dalam mewujudkan keadilan sosial  di tingkat lokal, regional, nasional, danglobal. Ia percaya akan kekuatan dan potensi  dirinya sebagai modal untuk menguatkan demokrasi, untuk secara aktif-partisipatif  membangun masyarakat yang damai dan inklusif, berkeadilan sosial, serta  berorientasi pada pembangunan yang berkelanjutan.

Adapun alur perkembangan dari dimensi berkebinekaan global sebagai berikut.

Alur Perkembangan Dimensi Berkebinekaan Global

Alur Perkembangan Dimensi Berkebinekaan Global

Alur Perkembangan Dimensi Berkebinekaan Global