Apa yang dimaksud dengan komunitas belajar?

Daftar Isi

Sobat KS dimanapun berada, kali ini saya akan menjelaskan beberapa pertanyaan yg sering dipertanyaak teman - teman KS lain terkait komunitas belajar. Beberapa bulan terahir kata ini menjadi salah satu topik pembicaraan yang sedang trend dikalangan guru dan kepala sekolah baik di tingkat Sekolah Dasar maupun menengah. Tapi apa si sebetulnya komunitas belajar, yuk mari kita simak bersama - sama.


Informasi ini sebetulnya sudah dijelaskan secara gamblang dalam buku panduan " Optimalisasi Komunitas Belajar " yang dikeluarkan kemdikbud, namun sumber panduan ini banyak yang belum dimiliki oleh Kepala Sekolah. Nah kali ini kita pelajari bersama mengupas tuntas buku panduan ini.


Pengertian Komunitas Belajar


Nah untuk mempelajari lebih lanjut terkait optimalisasi komunitas Belajar, alangkah baiknya kita pahami dulu Apa si yang dimaksud dengan komunitas belajar ?


Apa Si yang dimaksud dengan komunitas belajar?

Apa Si yang dimaksud dengan komunitas belajar?

Komunitas belajar adalah sekelompok GTK yang belajar bersama, berkolaborasi secara terjadwal dan berkelanjutan dengan tujuan yang jelas serta terukur untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar murid.


Komunitas belajar sangat penting karena komunitas belajar menjadi wadah untuk merealisasikan terjadinya kolaborasi antar GTK. GTK dapat belajar bersama (tidak terisolasi), dan bersepakat bahwa pendidikan semua murid adalah tanggung jawab kolektif. 


Dengan adanya komunitas belajar, ketimpangan kompetensi antar GTK, khususnya guru dapat diminimalisir, sehingga murid memperoleh pengalaman belajar dengan kualitas yang sama siapapun pendidiknya. 


Selain itu, semua guru memiliki kesempatan untuk belajar, dan hasil belajar dalam komunitas dapat segera dipraktikkan di kelas masing-masing untuk memfasilitasi pembelajaran yang berkualitas dan meningkatkan hasil belajar murid.


Komunitas belajar menempatkan fokusnya pada pembelajaran murid, membudayakan kolaborasi dan tanggung jawab kolektif, serta berorientasi pada data hasil belajar murid. Ketiga fokus ini merupakan Tiga Ide Besar dalam menjalankan komunitas belajar (Dufour, 2020) seperti pada gambar 21 berikut.


Komunitas Belajar Fokus pada pembelajaran murid


Tujuan utama dari penyelenggaraan satuan pendidikan adalah untuk memastikan setiap murid terlibat dalam proses pembelajaran yang berkualitas. Tidak cukup sekadar belajar, tetapi bagaimana murid dapat belajar sampai tingkat capaian tertinggi. 


Pencapaian tertinggi bagi kemampuan murid merupakan sesuatu yang perlu diupayakan, sehingga GTK juga dituntut untuk terus belajar. Penting bagi GTK di satuan pendidikan untuk bersama-sama membuat struktur belajar yang melekat sebagai bagian dari aktivitas rutin. 


Oleh karena itu, untuk memastikan murid memperoleh pembelajaran yang berkualitas, GTK perlu mampu menjawab empat pertanyaan kritis berikut.


1.Apa yang kita harapkan untuk murid pelajari?

2.Bagaimana kita tahu bahwa setiap murid telah belajar hal tersebut?

3.Bagaimana respon kita jika ada murid yang tidak belajar?

4.Bagaimana kita akan memperkaya pembelajaran untuk murid yang sudah mahir?


Membangun budaya kolaborasi dan komitmen bersama


Kegiatan pembelajaran di satuan pendidikan akan lebih optimal jika GTK dapat berkolaborasi dengan GTK lainnya. Kolaborasi ini diciptakan untuk menghadirkan suasana belajar bersama, yang di dalamnya ada rasa saling tergantung satu sama lain, serta kesadaran bahwa proses pembelajaran dan keberhasilan seorang murid merupakan tanggung jawab bagi semua GTK. GTK menyepakati komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas. pembelajaran murid dan bertanggung jawab pada seluruh murid di satuan pendidikan (tidak hanya pada murid yang ada di kelasnya).


Berorientasi pada hasil belajar murid


Hasil belajar murid perlu diketahui oleh GTK dengan cara mengumpulkan bukti berupa hasil asesmen murid yang digunakan sebagai dasar pada seluruh proses belajar dalam komunitas. Peningkatan hasi! belajar murid bisa dilihat dengan membandingkan bukti berupa hasil asesmen murid sebelum dan setelah dilakukan intervensi dalam sebuah siklus tertutup sebagai berikut:



Siklus belajar dalam komunitas belajar menunjukkan bahwa kegiatan belajar dalam komunitas merupakan proses utuh dan berkelanjutan mulai dari refleksi awal sampai kembali lagi ke refleksi awal. Siklus ini memastikan hasil belajar dalam komunitas diimplementasikan dalam pembelajaran, dan refleksi dari. implementasi pembelajaran menjadi bahan pembicaraan dalam komunitas agar terjadi perbaikan pembelajaran.


Penutup


Itulah penjelasan terkait pengertian komunitas belajar dan 3 ide besar dalam menjalankan komunitas belajar