Kumpulan Soal dan Jawaban MOOC PPPK Paket 1 Tahun 2024: Persiapan Penting bagi ASN PPPK
kepalasekolah.id - halo sobat ks yang selalu bersemangat! Bagaimana kabar Anda hari ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan penuh semangat. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas hal penting yang berkaitan dengan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), khususnya mengenai ujian MOOC.
Bagi Anda yang akan atau telah menjadi ASN PPPK, tahapan penting yang harus dilalui adalah mengikuti ujian MOOC. Sebelum resmi diangkat sebagai ASN, peserta PPPK diwajibkan untuk mengikuti berbagai pelatihan dan pembelajaran, termasuk swajar PPPK.
Tapi, apa sebenarnya MOOC SWAJAR PPPK?
MOOC PPPK, atau Massive Open Online Course PPPK, adalah portal yang digunakan oleh Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk mengerjakan materi dan tugas pengembangan kompetensi atau latsar CPNS. Bagi ASN yang bergabung melalui jalur PPPK, mengikuti pelatihan dan pengembangan kompetensi di MOOC menjadi suatu keharusan untuk memberikan kontribusi maksimal di instansi tempat mereka bekerja.
Setiap ASN PPPK memiliki kewajiban untuk mengikuti tes akademik di aplikasi SWAJAR PPPK. Namun, terdapat beberapa ketentuan penting terkait evaluasi akademik dalam swajar MOOC yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah:
- Peserta harus lulus evaluasi akademik.
- Jumlah post-test akan memengaruhi nilai maksimal yang dapat diperoleh:
- Jika post-test dilakukan 1 hingga 3 kali, maka nilai maksimalnya adalah 100.
- Jika post-test dilakukan 4 hingga 5 kali, maka nilai maksimalnya adalah 90,01.
- Jika post-test dilakukan 6 kali, maka nilai maksimalnya adalah 80,01.
- Jika post-test dilakukan lebih dari 6 kali, maka nilai maksimalnya adalah 70,01.
Untuk membantu Anda dalam mempersiapkan ujian MOOC PPPK, admin kherysuryawan akan membagikan kumpulan soal ujian tes MOOC PPPK yang dilengkapi dengan kunci jawabannya. Setiap paket soal terdiri dari 50 soal, sehingga total ada 100 soal dalam 2 paket.
Semoga kumpulan soal ini dapat menjadi referensi belajar yang berguna bagi para ASN PPPK yang akan menghadapi ujian MOOC di SWAJAR. Mari kita tingkatkan kompetensi dan kemampuan kita bersama-sama!
Jika Anda tertarik, berikut ini adalah kumpulan soal dan kunci jawaban MOOC PPPK Terbaru Paket 1:
SOAL MOOC PPPK PAKET 1
1. Budaya berorientasi pelayanan dapat dijabarkan dengan kriteria sebagai berikut, kecuali …
a.ASN harus memahami sumber daya yang tersedia
b.ASN harus memiliki kode etik
c.Kode etik dapat dijabarkan kode perilaku
d.Prinsip melayani sebagai suatu kebanggaan
JAWABAN : ASN harus memahami sumber daya yang tersedia
2. Dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 30 Tahun 2014, inovasi pelayanan publik dimaknai dengan
a.Terobosan jenis pelayanan yang merupakan gagasan/ide kreatif orisinal yang memberikan manfaat bagi masyarakat secara langsung
b.Terobosan jenis pelayanan yang merupakan adaptasi/modifikasi dari ide inovasi lainnya yang memberikan manfaat bagi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung
c.Terobosan jenis pelayanan baik yang merupakan gagasan/ide kreatif orisinal dan/atau adaptasi/modifikasi yang diikutkan dalam kompetensi inovasi pelayanan publik
d.Terobosan jenis pelayanan yang merupakan gagasan/ide kreatif orisinal dan/atau adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung
JAWABAN : Terobosan jenis pelayanan yang merupakan gagasan/ide kreatif orisinal dan/atau adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung
3. Satu hal yang mendasar yang membedakan inovasi di sector publik dengan inovasi di sector swasta adalah …
a.Penggunaan anggaran yang tidak profit-oriented
b.Pemberi layanan yang sudah diberi pelatihan
c.Transferabilitas inovasi
d.Kemudahan dalam akses teknologi
JAWABAN : Transferabilitas inovasi
4. Memberikan layanan melebihi harapan customer ditunjukkan dengan …
a. Meningkatkan mutu layanan dan tidak boleh berhenti ketika kebutuhan customer sudah dapat terpenuhi
b.Selalu menanyakan dan melakukan survey kepuasan masyarakat
c.Mencari tahu ekspektasi customer di masa yang akan datang tentang layanan apa yang diharapkan
d.Menunggu perintah atasan terkait terobosan baru
JAWABAN : Meningkatkan mutu layanan dan tidak boleh berhenti ketika kebutuhan customer sudah dapat terpenuhi
5. Dalam suatu kasus yang tidak dapat diselesaikan dengan cara biasa, ASN dituntut untuk …
a.Berpasrah dengan keadaan dan mengharapkan bantuan dari pihak lain
b.Melakukan inovasi dan menggerakkan sumber daya yang ada untuk menyelesaikan permasalahan tersebut
c.Memberikan penyelesaian tanggung jawab tersebut kepada pimpinan atau rekan kerja lain yang telah berkompeten
d.Meminta alokasi anggaran yang lebih banyak karena permasalahannya cukup sulit
JAWABAN : Melakukan inovasi dan menggerakkan sumber daya yang ada untuk menyelesaikan permasalahan tersebut
6. Tujuan utama dari Nilai Dasar ASN adalah …
a.Menjadi dasar pembentukan peraturan internal tentang kewajiban masuk kerja
b.Menjadi pedoman perilaku bagi para ASN dan menciptakan budaya kerja yang mendukung tercapainya kinerja terbaik
c.Menjadi pertimbangan pimpinan unit kerja dalam menentukan rekanan dalam proyek strategis
d.Menjadi instrumen pengukuran kinerja ASN oleh masyarakat
JAWABAN : Menjadi pedoman perilaku bagi para ASN dan menciptakan budaya kerja yang mendukung tercapainya kinerja terbaik
7. Untuk mewujudkan organisasi publik yang akuntabel harus mengandung mekanisme berikut?
a.Akuntabilitas kejujuran dan hukum
b.Akuntabilitas proses dan program
c.Akuntabilitas kebijakan
d.Semua jawaban benar
JAWABAN : Semua jawaban benar
8. Berikut adalah termasuk Alat Akuntabilitas?
a.Perencanaan Strategis (Strategic Plans)
b.Kontrak Kinerja
c.Laporan Kinerja
d.Semua jawaban benar
JAWABAN : Semua jawaban benar
9. Berikut ini adalah unsur dari Gratifikasi?
a.Bersifat tanam budi
b.Tanpa Kesepakatan
c.Diterima oleh pejabat negara atau pegawai negeri
d.Semua jawaban benar
JAWABAN : Semua jawaban benar
10. Pilihlah pernyataan yang paling tepat?
a.Integritas adalah nilai yang dapat mengikat setiap unsur pelayan publik secara moral dalam membentengi institusi
b.Peran Integritas individu lebih penting daripada intervensi melalui sistem kebijakan
c.Integritas sistem otomatis akan terbentuk dari Integritas individu
d.Akuntabilitas dan Integritas masyarakat juga menjadi unsur penting terbentuknya pelayanan publik yang baik
JAWABAN : Integritas adalah nilai yang dapat mengikat setiap unsur pelayan publik secara moral dalam membentengi institusi
11. Berikut ini adalah termasuk Prinsip Keterbukaan Informasi, kecuali …
a.Maximum Access Limitite Exemption (MALE), prinsip semua informasi bersifat terbuka dan bisa diakses masyarakat
b.Informasi yang dikecualikan adalah informasi yang berpotensi merugikan kepentingan publik dan harus bersifat terbatas dan tidak permanen
c.Permintaan informasi harus disertai dengan “alasan”
d.Informasi harus utuh dan benar
JAWABAN : Permintaan informasi harus disertai dengan “alasan”
12. “Diskresi administrasi menjadi starting point bagi masalah moral dan etika dalam dunia Administrasi Publik (Rohr, 1989 dan Keban, 2008)”, maksud dari “diskresi” adalah …
a.Bentuk fleksibel aturan yang berlaku
b.Kebebasan Pejabat dalam mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan sendiri
c.Keputusan yang disepakati bersama antara pejabat ataupun pemberi layanan dengan masyarakat
d.Tidak ada jawaban yang benar
JAWABAN : Kebebasan Pejabat dalam mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan sendiri
13. Berpikir terbuka, dengan belajar hal yang berbeda adalah gambaran dari seseorang yang melakukan proses belajar yaitu …
a.Learn, Unlearn, dan Relearn
b.Proses belajar yang aktif
c.Proses belajar yang terbuka
d.Jawaban b dan c benar
JAWABAN : Learn, Unlearn, dan Relearn
14. Pentingnya ASN selalu meningkatkan kompetensi, antara lain yang paling sesuai, yaitu …
a.Sesuai kebijakan hak pengembangan ASN dalam Undang-Undang ASN
b.Sesuai kebijakan pembangunan nasional
c.Sesuai sistem pengembangan ASN
d.Salah semua
JAWABAN : Sesuai kebijakan hak pengembangan ASN dalam Undang-Undang ASN
15. Dengan berlakunya Undang Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, adanya hak pengembangan pegawai, yang mengatur jumlah jam pelajaran hak pengembangan bagi pegawai?
a.Sekurang-kurangnya 24 (dua empat) Jam Pelajaran bagi PNS dan maksimal 20 (dua puluh) Jam Pelajaran bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)
b.Sekurang-kurangnya 24 (dua puluh) Jam Pelajaran bagi PNS dan maksimal 20 (dua puluh empat) Jam Pelajaran bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)
c.Sekurang-kurangnya 20 (dua puluh) Jam Pelajaran bagi PNS dan maksimal 20 (dua puluh empat) Jam Pelajaran bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)
d.Sekurang-kurangnya 20 (dua puluh) Jam Pelajaran bagi PNS dan sekurang-kurangnya 20 (dua puluh) Jam Pelajaran bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)
JAWABAN : Sekurang-kurangnya 20 (dua puluh) Jam Pelajaran bagi PNS dan maksimal 20 (dua puluh empat) Jam Pelajaran bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)
16. Salah satu pendorong pentingnya ASN selalu meningkatkan kompetensi, antara lain yang paling sesuai, yaitu …
a.Dinamika perubahan proses kerja instansi
b.Perubahan dinamika dunia VUCA
c.Dinamika arahan pimpinan
d.Dinamika pertentangan global
JAWABAN : Perubahan dinamika dunia VUCA
17. Dengan berlakunya tatanan nilai BerAkhlak, untuk perilaku kompeten?
a.“Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah”
b.Membantu orang lain berpendidikan
c.Melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik
d.a dan c benar
JAWABAN : a dan c benar
18. Berikut pernyataan yang paling sesuai terkait konsepsi kompetensi adalah meliputi tiga aspek penting berkaitan dengan perilaku kompetensi meliputi …
a.Aspek pengetahuan, keterampilan, dan etika yang diperlukan dalam pelaksanaan pekerjaan
b.Aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan dalam pelaksanaan pekerjaan
c.Aspek pengetahuan, keterampilan, dan etika yang diperlukan dalam pelaksanaan pekerjaan
d.Aspek pengetahuan, pengalaman, dan etika yang diperlukan dalam pelaksanaan pekerjaan
JAWABAN : Aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan dalam pelaksanaan pekerjaan
19. Yang dimaksud dengan modalitas etika adalah …
a.Pelayanan yang berkualitas
b.Pelayanan yang relevan
c.Jembatan antara norma moral dan tindakan faktual
d.Mempertimbangkan pilihan sarana kebijakan
JAWABAN : Jembatan antara norma moral dan tindakan faktual
20. Berikut ini adalah bentuk kode etik ASN yang tertuang dalam UU ASN, kecuali …
a.Melaksanakan tugasnya dengan cermat dan disiplin
b.Melayani dengan sikap hormat, sopan, dan tanpa tekanan
c.Melaksanakan tugasnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
d.Menggunakan kekayaan dan barang milik negara untuk keperluan pribadi
JAWABAN : Menggunakan kekayaan dan barang milik negara untuk keperluan pribadi
21. Berikut ini adalah bentuk perilaku dalam kode etik menurut UU ASN yang paling tepat adalah …
a.Menjaga kerahasiaan atas seluruh informasi publik
b.Menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif, dan efisien
c.Membiarkan jika terjadi konflik kepentingan dalam melaksanakan tugasnya
d.Memberikan informasi yang dapat menyesatkan kepada pihak lain yang memerlukan informasi terkait kepentingan kedinasan
JAWABAN : Menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif, dan efisien
22. Tindakan yang KURANG TEPAT dalam perilaku ASN yang beretika adalah …
a.Melaksanakan tugasnya dengan cermat
b.Melayani dengan sikap hormat, sopan, dan tanpa tekanan
c.Loyalitas hanya sebatas menyenangkan pimpinan, atau berusaha memenuhi kebutuhan pribadi pimpinannya
d.Melaksanakan tugasnya sesuai dengan perintah atasan sejauh tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
JAWABAN : Loyalitas hanya sebatas menyenangkan pimpinan, atau berusaha memenuhi kebutuhan pribadi pimpinannya
23. Tindakan berikut yang dapat dilakukan ASN dalam menunjukkan sikap adil dan netral, yaitu …
a.Menjaga rahasia negara
b.Tidak diskriminatif dalam melayani
c.Selalu bertindak profesional
d.Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan
JAWABAN : Tidak diskriminatif dalam melayani
24. PNS menjadi figur dan teladan di lingkungan masyarakatnya, caranya adalah …
a.Menjadi bagian dari problem solver (pemberi solusi)
b.Menjadi bagian dari sumber masalah (trouble maker)
c.Melakukan tindakan, ucapan, perilaku yang bertentangan dengan norma norma sosial dan susila
d.Bertindak yang bertentangan dengan agama dan nilai lokal yang berkembang di masyarakat
JAWABAN : Menjadi bagian dari problem solver (pemberi solusi)
25. Dalam rangka mencapai tujuan nasional, diperlukan Aparatur Sipil Negara yang mampu?
a.Menjalankan roda Pemerintahan
b.Melaksanakan kewenangannya
c.Menunaikan hak dan kewajibannya
d.Mengimplementasikan nilai-nilai berAKHLAK
JAWABAN : Mengimplementasikan nilai-nilai berAKHLAK
26. Dalam sumpah/janjinya PNS berkomitmen untuk?
a.Melaksanakan fungsi ASN dengan baik
b.Menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah, dan martabat pegawai negeri sipil, serta akan senantiasa mengutamakan kepentingan negara dari pada kepentingan saya sendiri, seseorang atau golongan
c.Menjadi PNS yang profesional dan berkompeten
d.Taat kepada Tuhan Yang Maha Esa
JAWABAN : Menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah, dan martabat pegawai negeri sipil, serta akan senantiasa mengutamakan kepentingan negara dari pada kepentingan saya sendiri, seseorang atau golongan
27. Panduan Perilaku Loyal “Menjaga Rahasia Jabatan dan Negara” yang terkait dengan Kewajiban ASN adalah …
a.Menjaga kerahasiaan yang menyangkut kebijakan negara
b.Memberikan informasi secara benar dan tidak menyesatkan kepada pihak lain yang memerlukan informasi terkait kepentingan kedinasan
c.Menyimpan rahasia jabatan dan hanya dapat mengemukakan rahasia jabatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
d.Memelihara dan menjunjung tinggi standar etika yang luhur
JAWABAN : Menyimpan rahasia jabatan dan hanya dapat mengemukakan rahasia jabatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
28. Loyalitas seorang ASN dapat diwujudkan dengan cara melaksanakan dengan sebaik-baiknya Kode Etik dan Kode Perilaku ASN. Kode Etik dan Kode Perilaku tersebut dirumuskan dengan tujuan untuk?
a.Meningkatkan produktivitas kerja ASN
b.Menjaga martabat dan kehormatan ASN
c.Menjaga wibawa pemerintah
d.Meningkatkan kualitas pelayanan public
JAWABAN : Menjaga martabat dan kehormatan ASN
29. Dalam menjalankan perannya sebagai pemersatu bangsa, seorang ASN yang loyal harus?
a.Bersikap netral dan adil dan tidak terlibat kepentingan politik dan SARA
b.Bertakwa kepada Tuhan YME
c.Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
d.Bersikap adil terhadap sesame
JAWABAN : Bersikap netral dan adil dan tidak terlibat kepentingan politik dan SARA
30. Loyalitas seorang ASN dapat tercermin dan kemampuannya mengamalkan nilai-nilai yang terkandung pada sila ke-3 Pancasila dengan cara?
a.Menghargai, mentoleransi dan menseragamkan keberagaman
b.Memberikan pelayanan yang partisipatif, diskriminatif dan prima
c.Membangun rasa kebangsaan dengan membangkitkan sentiment nasionalisme
d.Menumbuhkembangkan semangat gotong royong di kalangan tertentu
JAWABAN : Membangun rasa kebangsaan dengan membangkitkan sentiment nasionalisme
31. Berikut ini adalah lima disiplin yang dikembangkan Peter Senge dalam learning organization, kecuali
a.Flexible system
b.Shared vision
c.System thinking
d.Self mastery
JAWABAN : Flexible system
32. Perilaku tertutup, politis dan birokratis menunjukkan organisasi berkarakteristik?
a.Tidak adaptif
b.Adatif
c.Fleksibel
d.Tidak fleksibel
JAWABAN : Tidak adaptif
33. Fondasi organisasi adaptif terdiri atas, kecuali …
a.Prosedur
b.Lansekap
c.Pembelajaran
d.Kepemimpinan
JAWABAN : Prosedur
34. Istilah ‘asuransi budaya’ yang memberikan banyak interpretasi di dalam sebuah organisasi, diperkenalkan oleh …
a.Liisa Valikangas
b.Neo & Chen
c.Peter Drucker
d.Weick
JAWABAN : Weick
35. Model interaksi yang terjadi dalam governance adalah sebagai berikut, kecuali …
a. Voluntary
b.Non voluntary
c.Kolaboratif
d.Kerja sama
JAWABAN : Voluntary
36. Karakteristik adaptif dibutuhkan makhluk hidup untuk, kecuali …
a.Makan dan minum
b.Menghadapi perubahan
c.Bertahan hidup
d.Mengatasi ancaman
JAWABAN : Makan dan minum
37. Pendekatan yang melibatkan sejumlah kelembagaan yang terkait dengan unsur-unsur yang relavan yaitu …
a. Interagency
b. Interrelationship
c. Interconnection
d. Collaboration
JAWABAN : Interagency
38. Badan dan/atau Pejabat Pemerintahan dapat menolak memberikan Bantuan Kedinasan apabila dalam kondisi sebagai berikut, kecuali …
a.Mempengaruhi kinerja Badan dan/atau Pejabat Pemerintahan pemberi bantuan
b.Surat keterangan dan dokumen yang diperlukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan bersifat rahasia
c.Ketentuan peraturan perundang-undangan tidak memperbolehkan pemberian bantuan
d.Belum mendapatkan persetujuan dari DPR
JAWABAN : Belum mendapatkan persetujuan dari DPR
39. Berikut ini adalah manfaat kolaborasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, kecuali …
a.Meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan
b.Terciptanya integrasi antar kebijakan
c.Menghilangkan silo mentality
d.Meningkatkan kompetisi antar daerah
JAWABAN : Meningkatkan kompetisi antar daerah
40. Berikut adalah situasi yang mencerminkan terlaksananya Whole-of-Government (WoG), kecuali …
a.Kolaborasi dan integrasi antar instansi pemerintah
b.Peraturan perundang-undangan yang harmonis
c. Silo Mentality Aparatur Sipil Negara
d.Implementasi Squad Team lintas Kementerian dan Lembaga dalam program prioritas pembangunan
JAWABAN : Silo Mentality Aparatur Sipil Negara
41. WoG juga dikenal sebagai pendekatan …
e.
f. Interrelationship
g.Interconnection
h.Collaboration
JAWABAN : Interagency
42. Pendekatan WoG merupakan respon dari paradigma …
a.New Public Service
b.New Public Management
c.Old Public Management
d.Public Reform Management
JAWABAN : New Public Management
43. Sebuah informasi yang tidak benar. Namun, orang yang menyebarkannya percaya bahwa informasi tersebut adalah benar tanpa bermaksud membahayakan orang lain adalah definisi dari …
a.Disinformasi
b.Malinformasi
c.Misinformasi
d.Uninformasi
JAWABAN : Misinformasi
44. Berikut adalah modus umum penipuan di dunia digital, kecuali …
a.Memberikan identitas toko untuk direview negative
b.Penipuan harga diskon atau produk yang ditawarkan
c.Identitas pelaku usaha atau konsumen fiktif
d.Ketidaksesuaian barang atau produk yang diterima atau dipesan
JAWABAN : Memberikan identitas toko untuk direview negative
45. Pengetahuan dasar mengamankan diri di dunia digital adalah sebagai berikut, kecuali …
a.Pengamanan perangkat keras
b.Pemahaman informasi valid
c.Pemahaman echo chamber
d.Pengamanan dari scam
JAWABAN : Pemahaman echo chamber
46. Dalam kompetensi Aman Bermedia Digital, ada lima kompetensi yang harus dipahami dan terapkan, kecuali …
a.Pengamanan perangkat digital
b.Pengamanan identitas digital
c.Mewaspadai hate speech
d.Memahami rekam jejak digital
JAWABAN : Mewaspadai hate speech
47. Sebuah perangkat lunak yang dirancang untuk mengontrol perangkat secara diam-diam, bisa mencuri informasi pribadi milik kita atau uang dari pemilik perangkat adalah fungsi dari …
a.Malware
b.Spyware
c.Ransomware
d.Worms
JAWABAN : Malware
48. Pengamalan sila pertama Pancasila dalam lingkup literasi digital dalam lanskap digital adalah …
a.Non-diskriminatif dalam berinteraksi di dunia digital
b.Menumbuhkan cinta kepada Indonesia dengan stop hate speech
c.Memiliki paham multi-perspektif terkait keyakinan users
d.Menerapkan etiket dan berperilaku baik sebagai warga digital
JAWABAN : Memiliki paham multi-perspektif terkait keyakinan users
49. Berikut adalah hak-hak digital yang harus kita pahami, kecuali …
a.Hak untuk mengakses
b.Hak untuk mengatur perangkat
c.Hak untuk merasa aman
d.Hak untuk berekspresi
JAWABAN : Hak untuk mengatur perangkat
50. Aktivitas membagikan data personal seseorang ke dunia maya adalah bentuk konten negatif …
a.Cyberstalking
b.Doxing
c.Hoax
d.Revenge porn
JAWABAN : Doxing